Laman

04/03/14

Tips Anda yang Menginginkan Keturunan

Kisah Pengalaman Penulis
Anas Hikmat



Penantian Memiliki Anak Selama 8 Tahun

anak merupakan sesuatu yang sangat dinanti dlm pernikahan, waktu 8 tahun bukan waktu yang singkat dalam penantian ini.
alhamdulillah permintaan itu pun terjawab sudah,
bayi perempuan terlahir tgl 25 Ramadhan 1434 H jam 1 malam
bahkan yang lebih luar biasa, baru genap 7 bulan, rahim istriku kini berpenghuni lagi
alhamdulillah begitu besar anugrah nikmat yg kau berikan ini ya Allah.

Hanya berbagi kepada saudara-saudaraku yang memiliki kisah yg sama
1.      jangan pernah fokus dengan vonis dokter yg hanya akan membuat kondisi kita terpuruk.
Istri saya pernah keguguran karena dianggap rahimnya lemah,  saya tidak percaya dengan vonis tersebut krn Allah sebutkan dlm al-Qur’an surat al-mursalat 20 – 21 “Bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang hina, kemudian Kami letakkan Dia dalam tempat yang kokoh (rahim),” saya yakini hal ini bisa diakibatkan keadaan seraca langsung, ketidak seimbangan kondisi tubuh yang kedua saya yakini ada kondisi yg tidak langsung yaitu ketetapan Allah. Ada yang menyarankan dengan melakukan wasilah amal dengan tahajud

2.      perbaiki pola makan (konsumsi makanan yang bersifat menyuburkan), dan olahraga
waktu itu saya dan istri mencoba merutinkan konsumsi madu, sari kurma, kurma muda, bekam dan juga saya lakukan olahraga secara rutin

3.      jaga kondisi kejiwaan pasangan kita, dan hindari tuntutan kpd istri untuk segera hamil
saya tdk pernah menyalahkan istri saya, bahkan ratusan kali orang yang bertanya mengenai anak, saya selalu bilang kepada istri “mohon didoakan saja” saya minta jangan pernah ada rasa kesal atau marah dengan pertanyaan tersebut, krn biasanya wanita yg belum memiliki anak sangat sensitif dengan pertanyaan tersebut. Bahkan saya pernah berujar “andai saya sebagai suami yang mandul, saya relakan istri saya untuk saya lepas dan menikah lagi dengan yang lain, namun alhamdulillah hal itu tdk terjadi.

Saya mengatakan, mungkin dari sekian orang yang kita mintai doanya ada orang-orang yang mustajabud du’a (doanya senantiasa di ijabah)

Bulan demi bulan biasanya menjadi waktu yang menegangkan bagi wanita yang belum memiliki keturunan, berharap haid tdk datang, ini akan menjadi kondisi yang bisa memacu adrenalin dan hormon yang mengakibatkan depresi, yang secara langsung menjadi faktor penghambat kehamilan, oleh karena itu jaga kondisi kejiwaan kita pasangan kita untuk tetap tenang dan tawakal

4.      tidak berburuk sangka kpd Allah
kita harus yakin bahwa segala ketetapan Allah itu merupakan yang terbaik bagi kita.

5.      berdoa kpd Allah
ada doa khusus yang saya sering panjatkan spt dlm surat al-anbiya 89 “ya Allah jangan kau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah warits yang paling baik”
doa ini hampir tiap selesai sholat saya mintakan.

bahkan tidak jarang tiap kali ada teman, ust yang saya kenal yang berangkat ke tanah suci, saya minta dido’akan untuk memiliki keturunan, sampai kesempatan untuk memenuhi undangan ke Baitullah itupun datang bersamaan dengan positifnya istri saya hamil, itu terjadi dibulan februari 2014

6.      ekspresikan keibuan istri kita
saya masih ingat, saya menuliskan nama untuk anak saya yang sekarang 3 tahun yang lalu sebelum istri saya hamil, bahkan secara sengaja istri saya membeli kaos kaki bayi, jaket bayi  ± 4 tahun sebelum istri saya hamil

istri saya mencoba mengurus anak saudara walaupun tidak mengadopsi, walau hanya sekedar memandikan, mengajak main atau jalan-jalan, menidurkan anak bahkan tidak jarang ikut nginep dirumah, seolah anak itu anak kita sendiri,

Dengan begitu kita tidak larut dalam penantian memiliki anak
Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman yang berarti bagi sahabat-sahabat yang merindukan anak.

Tidak ada komentar: